Firman Allah

“BOLEH JADI KAMU MEMBENCI SESUATU, PADAHAL IA AMAT BAIK BAGIMU, DAN BOLEH JADI KAMU MENYUKAI SESUATU, PADAHAL IA AMAT BURUK BAGIMU” (AL-BAQARAH:216)

24 January 2011

Israel Rampas 85 Hektar Tanah di Bet Hanina Untuk Pemukim Yahudi


Al-Quds : Komite perencanaan dan pembangunan Zionis tengah mendiskusikan rencana teknik pembangunan jalan baru yang akan menghubungkan dua wilayah permukiman Zionis di Zeegat Zeivi dan Neva Yakub di jalan no 443 atau jalan Began. 

Seorang pakar permukiman Zionis, Ahmad Shab Leben dari lembaga Eir Amim yang beroperasi di Entitas Zionis dalam pernyataanya, hari ini (23/1) mengungkapkan, sesuai dengan rencana yang telah dibuat pemerintahan Zionis, mereka akan menggusur sekitar 34 wilayah di Bet Hanina yang terletak di sekitar wilayah permukiman untuk membuat jalan baru yang akan menghubungkan dua permukiman besar Zionis. Luas wilayah tanah yang akan digusur demi pembangunan jalan baru ini adalah 85 hektar, termasuk wiayah terbuka dan garis hijau. 

Adapaun pembangunan proyek di wilayah 443 sudah dimulai. Mereka akan mengganti jalan lama yang ada di sana dengan jalan baru yang akan menghubungkan jalan Began dengan sejumlah permukiman yang ada di sekitar Bet Hanina. Bahkan mereka akan menghancurkan ruang penjagaaan yang berada di bawah otoritas pembangunan. 

Rencana pembangunan ini sebagai solusi bagi permasalahan yang dihadapi warga pemukim di sebelah utara Al-Quds. Khususnya di wilayah permukiman Bezgate Zeivi dan Neva Yakub yang ada di sebelah utara Al-Quds. Jalan ini akan terhubung dengan jalan443 termasuk Al-Quds barat dan tel Aviv. 

Sementara pakar Ahmad Shab menilai proyek ini tidak akan membantu warga Al-Quds, namun justru akan semakin mencekik warga yang melewati jalan Ramallah atau jembatan baru. Sebab warga Al-Quds secara langsung berhubungan dengan al-Quds terjajah bukan dengan Al-Quds barat. Selain akan terlepasnya sejumlah wilayah untuk rencana permukiman. (asy)

No comments:

Post a Comment