Firman Allah

“BOLEH JADI KAMU MEMBENCI SESUATU, PADAHAL IA AMAT BAIK BAGIMU, DAN BOLEH JADI KAMU MENYUKAI SESUATU, PADAHAL IA AMAT BURUK BAGIMU” (AL-BAQARAH:216)

19 January 2011

Mouse Kaki


Sebuah konsep menarik dari designer Liu Yi, yaitu Toe Mouse. Sesuai dengan namanya, mouse ini menggunakan kaki Anda untuk mengontrol mouse dan bukan tangan Anda.

Prototype mouse pertama kali diperkenalkan pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute. Sejak itu, mouse telah mengalami berbagai perbaikan mulai dari akurasi, tingkat ergonomis sampai penambahan2 lain. Satu hal yang tak pernah berubah sejak pertama kali mouse ditemukan ialah selalu menggunakan tangan. Kali ini, ada satu konsep baru yang muncul, menggunakan mouse dengan kaki.

Liu Yi, cuba melihat mouse ini dari sisi lain. Ia melihat peranti input yang satu ini sangat penting dalam hal komputer namun tidak semua orang boleh menggunakannya, terutama orang-orang yang cacat tubuh bahagian atas. Karena tiada alternatif, maka Liu Yi cuba merekacipta mouse yang dapat dioperasikan dengan kaki.

Secara prinsip, toe mouse ini tak jauh beda dengan mouse biasa. Bezanya hanya ia dirancang untuk dioperasikan dengan jari kaki dan bukannya dengan jari tangan seperti pada mouse biasa. Anda hanya perlu menyisipkan ibu jari dan telunjuk kaki ke tempat yang telah disediakan. Tepat di bawah ibu jari dan telunjuk kaki ini ada sensor yang berfungsi sama dengan fungsi tombol pada mouse.

Dengan begitu, mereka yang tak boleh memfungsikan tangannya dengan baik, tak lagi harus merasa tersisih dari teknologi moden karena mereka boleh menggunakan ‘mouse kaki’ ini. Dan buat Anda yang bosan dengan mouse biasa dan ingin mencuba sesuatu yang baru, kenapa tidak mencuba konsep ini?Toe Mouse dirancang untuk digunakan oleh orang-orang yang memiliki cacat bahagian atas dan tidak dapat menggunakan tangan mereka untuk menggerakkan mouse, dan Anda hanya perlu memasangnya ke kaki Anda seperti Anda menggunakan sandal kepit.






No comments:

Post a Comment